3 Klasifikasi Kalajengking

Saat ini ada sekitar 2000 spesies kalajengking yang telah diidentifikasi yang dikelompokkan dalam 6 super family dan 13 family dan tersebar di beberapa benua. Berapa banyak yang memiliki bisa cukup kuat untuk membunuh manusia ? Ternyata hanya 30 – 40 spesies saja, dan tentunya kalajengking bukan hewan agresif yang dengan sengaja mengejar manusia untuk dijadikan mangsa. 

Dari pola pemeliharaan, kalajengking dibagi menjadi tiga kelompok besar yaitu : 

Forest / Hutan

Merupakan jenis yang memiliki habitat di hutan umumnya dibawah batu / kayu / membuat lubang dalam tanah. Jenis ini memerlukan kelembapan tinggi dan air minum yang selalu tersedia.

Bark / Kulit Kayu

Jenis ini umum ditemukan bersembunyi  di batang pohon / kulit kayu. Kalajengking tipe bark memerlukan area vertikal dalam kandangnya.

Desert / Gurun

Jenis gurun memilih habitat yang cenderung kering dan pasir sebagai alas. Karakter tipe ini umumnya lebih agresif dibandingkan tipe forest / bark.

Pandinus Emperor
Lychas Mucronatus
Parabuthus Transvalicus

Jenis mana yang direkomendasikan untuk pemula ?

Tipe forest merupakan rekomendasi terbaik untuk pemula. Tipe ini memiliki badan yang besar, gagah, temperamen kalem, dan memiliki tingkat bisa yang rendah. Spesies yang direkomendasikan : Heterometrus cyaneus (low budget), Heterometrus longimatus (medium budget), atau Pandinus Emperor (premium budget).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *